Iklan Layanan Masyarakat dalam Kajian Seni
Iklan layanan masyarakat dapat
dipahami sebagai sebuah pengumuman atau pemberitahuan yang tidak dipungut
bayaran untuk memajukan sebuah program, aktivitas atau layanan pemerintah pusat
maupun pemerintah daerah, atau aktivitas sosial untuk layanan organisasi
nonprofit dan pemberitahuan lain yang dianggap bermanfaat untuk masyarakat
(Crompton dan Lamb, 1986: 428).
Semiotika visual sebagai
kajian pertandaan melalu sarana indra penglihatan. kajian semiotika visual
memiliki beberapa dimensi dasar yaitu dimensi sintatik, semantik, dan
pragmatik. Jenis iklan yang dipaparkan di atas adalah jenis iklan
komersial. Pada dasar- nya, periklanan dibagi menjadi dua,(1) iklan
komersial dan (2) iklan nonkomersial atau biasa disebut Iklan Layanan Masyarakat.
Sebagai penanda dan petanda dalam Semiotika dalam Iklan Layanan Masyarakat.
Contoh dalam Iklan layanan
Masyakat, Iklan “Harga Diri Rupiah” merupakan Iklan layanan Masyarakat yang
merujuk ke masyarakat untuk lebih menghagai mata uang negara kita yaitu
Indonesia, bermakna bahwa kita seharusnya mengharga uang bukan hanya dari nilai
aktualnya tetapi dari bentuk fisiknya. Dengan dibuatnya Iklan Layanan
Masyarakat ini di upayakan masyarakat lebih peduli lagi dengan Mata uang dari
negara kita.
Dari Iklan Layanan Masyarakat
mengangkat tema social tentang uang, saya tertarik untuk membuat iklan layanan
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan mengacu pada teknik semiotika,
agar kita lebih menyadari bahwa dalam iklan Layanan Masyarakat yang mengangkat
tema social, Pendidikan, alam dan kehidupan akan menyadarkan manusia lebih
peduli dengan lingkungan di sekitarnya.
Nama : Fitri Dwiyanti
NPM: 202046500165
Kelas: S4A
Komentar
Posting Komentar