Iklan Layanan Masyarakat dalam Kajian Seni

Iklan layanan masyarakat dapat dipahami sebagai sebuah pengumuman atau pemberitahuan yang tidak dipungut bayaran untuk memajukan sebuah program, aktivitas atau layanan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, atau aktivitas sosial untuk layanan organisasi nonprofit dan pemberitahuan lain yang dianggap bermanfaat untuk masyarakat (Crompton dan Lamb, 1986: 428).

Semiotika visual sebagai kajian pertandaan melalu sarana indra penglihatan. kajian semiotika visual memiliki beberapa dimensi dasar yaitu dimensi sintatik, semantik, dan pragmatik. Jenis iklan yang dipaparkan di atas adalah jenis iklan komersial. Pada dasar- nya, periklanan dibagi menjadi dua,(1) iklan komersial dan (2) iklan nonkomersial atau biasa disebut Iklan Layanan Masyarakat. Sebagai penanda dan petanda dalam Semiotika dalam Iklan Layanan Masyarakat.

Contoh dalam Iklan layanan Masyakat, Iklan “Harga Diri Rupiah” merupakan Iklan layanan Masyarakat yang merujuk ke masyarakat untuk lebih menghagai mata uang negara kita yaitu Indonesia, bermakna bahwa kita seharusnya mengharga uang bukan hanya dari nilai aktualnya tetapi dari bentuk fisiknya. Dengan dibuatnya Iklan Layanan Masyarakat ini di upayakan masyarakat lebih peduli lagi dengan Mata uang dari negara kita.

Dari Iklan Layanan Masyarakat mengangkat tema social tentang uang, saya tertarik untuk membuat iklan layanan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan mengacu pada teknik semiotika, agar kita lebih menyadari bahwa dalam iklan Layanan Masyarakat yang mengangkat tema social, Pendidikan, alam dan kehidupan akan menyadarkan manusia lebih peduli dengan lingkungan di sekitarnya. 

 

Nama : Fitri Dwiyanti 

NPM: 202046500165

Kelas: S4A

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Penelitian tentang Seni Rupa dan Desain

Konsep Semiotika dalam Iklan Layanan Masyarakat "Harga Diri Rupiah"

Mendalami Personal Branding " SIsca Kohl"